Selasa, 28 Desember 2010

Malaysia Vs Singapore

Ini perjalanan pertama saya sebagai backpacker.. humm.. backpacker jadi-jadian  sih.. karena akhirnya kebanyakkan belanja nya.. heheheh..

Ini perjalanan saya dan sahabat saya pada 21-26 Januari 2010.. berbekal tiket Air asia seharga Rp 570.900,- yang sudah kita pesan dari 12 Agustus 2009, ya setengah tahun sebelum akhirnya kita berangkat dari Jakarta ke Kuala Lumpur.. Sangat-sangat excited banget.. ini perjalanan malam kita..
Setelah mengurus segala kebutuhan fiskal (bebas fiskal karena punya NPWP) kita segera ke ruang tunggu.. Finally kita terbang.. yapiiii.. Perjalanan selama di pesawat tidak ada masalah sama sekali.. lancar..

Sampai di bandara Kuala lumpur.. ternyata terminal Air Asia jauhhhhhhhh dari terminal kedatangan.. kurang lebih kita harus berjalan 1 km.. NOTE tidak ada bus Air Asia seperti di Jakarta.. yah lumayan lah jalan-jalan malam-malam buta di Bandara.. hihihi.. dengan backpack..
Di Kuala Lumpur kita di jemput oleh Cik Hamdan dan Kak Zety.. mereka tinggal di Kuala Lumpur.. Setelah sampai kita di ajak makan Nasi Lemak, wah.. beda lho rasa nasi Lemak di Malaysia.. Kita bisa memilih sendiri lauk yang ada.. dan NOTE kalau kita membeli TEH disana, yang akan dikasih ke kita adalah teh tarik.. susahhhh banget minta teh tawar.. huhuhu..

Di Malaysia kita sudah booked di City Villa hotel.. agak susah mencari hotel ini,, karena letaknya kurang strategis, untuk keadaan di dalam hotel, sedikit Jadul, hahahah.. karena dekor nya seperti hotel tua.. tapi untuk pertama backpacker.. lumayan lah.. no bathub.. tapi dari sisi jendela kita, kita bisa liat twintower.. hehehe.. walau cuma sebelah tower aja.. hihihi.. karena sudah larut, kita tidur agar bisa melanjutkan journey kita besoknya.
Besoknya kita mencari hop on hop off, yang ternyata parkir busnya dekat dengan hotel kita, tapiiiiii.. mencari halte nya.. hhh.. sampai nyasar 1 jam.. agak susah membaca peta.. tapi tak masalah.. namanya pengalaman..

Dengan paket one day hop on hop off, kita dapat menaiki bus itu selama 1 hari dengan menunggu di shuttle bus yang ada, saat membeli tiket kita mendapat peta nomor shuttle bus juga, seperti di foto, ada nomor 18 nya, frekuensi bus datang hanya setengah jam, jadi jika tertinggal bus, tunggu setengah jam lagi deh..Oh iya.. saat di salah satu hop on hop bus.. kita bertemu dengan salah satu orang Indo juga.. dy juga backpacker.. dan akhirnya kita jalan sama-sama  dan kita janjian dengan temannya orang Papua.. hihih.. seru d..
Hari kedua di Malaysia kita pegi ke Putrajaya, dijemput oleh Cik Hamdan dan Kak Zety, kita photosession d.. heheh..disini sedang dibangun pusat pemerintahan, sehingga kelak semua pemerintahan di Malaysia semua berjalan di sini.. Setelah hampir setengah hari kiita di Putrajaya, kami beristirahat dahulu di rumah Cik Hamdan, lalu kami makan masakkaan Kak Zety, nasi Biru.. enak sekali.. Warna biru didapat dari bunga.. nyammm.. Malam nya kita berangkat menggunakan Bus ke Singapore.. Perjalanan dengan bus cukup melelahkan, kurang lebih 7 jam di bus..tapi cukup mengirit biaya penginapan satu malam.. heheh..

Hari Ketiga di Singapura, seharusnya kita tinggal di salah satu anggota Couch Surfing, namun karena kesibukkan-kesibukkan yang tidak dapat diduga, kami susah menghubungi anggota tersebut, karena sudah lelah juga di bus, sehingga kita memutuskan untuk membooked  hotel 81 di China Town,, hhh,, agak mahal daripada di Malaysia dan tempatnya jauh dari luas.. kecil, tanpa jendela.. Namun hal tersebut tidak membuat kita gentar untuk menghabiskan waktu di Sentosa Island.. huaaaaa.. lelahnya terbayarkan dengan senang-senang di Pulau tersebut..

Hari terakhir di Singapura kita melakukan city tour sendiri menggunakan Tourist Pass, sehingga kita bebas menggunakan semua MRT yang ada atau SMRT.. ya kita melakukan semuanya sendiri without tour.. Kita makan siang di Singapore river, harganya cukup mahal tapi worthed lah dengan rasa yang didapat.. lalu kita ke Asian Civilisation Museum, tapi kita tidak sempat masuk ke dalam museumnya. Kita juga sempat berfoto di Victoria Memorial Hall.kita pergi juga ke One Fulerton, disitu ada Merlion Park, itu lho singa yang menjadi ciri khas Singapur.. kita juga sempat ke gereja di sekitar tempat itu..

Keesokkan harinya kita sudah harus checkout pagi-pagi buta, karena kita harus pergi kembali ke Malaysia menggunakan bus pagi.. (NOTE, inilah kesalahan kita,, mau irit tapi malah mahal, seharusnya jika mau mengunjungi 2 negara, jangan beli tiket pulang pergi di 1 negara, tapi pergi ke negara A, pulang dari negara B, sehingga tidak membuang-buang waktu bolak balik)..
Kita membeli sarapan di salah satu terminal pemberhentian di perbatasan malaysia dan Singapore.. kurang lebih perjalanan balik sama dengan perjalanan pergi.. Setelah sampai di Malaysia, kita menggunakan bus Air Asia untuk ke bandara Kuala Lumpur..

Inilah cerita backpacker kita yang cukup gagal.. hehehe.. NOTE jika ingin backpacker.. cobalah berpikir dua kali untuk banyak berbelanja.. karena saya sudah merasakan, bahwa kebanyakkan berbelanja sangat berakibat buruk pada bawaan anda dan juga kantong anda.. hahaha.. tapi yang namanya cewe ya.. hummm,, tetep hobi belanja dibawa sampai mati.. Gatel bangeet di Malaysia untuk memborong sepatu Vincci.. hahaa.. berikut adalah hasil belanjaan sepatu yang sempet di foto.. hihihih.. Belum lagi belanjaan di Bugis.. really loves Bugis.. hehehe..