Rabu, 29 Desember 2010

Donor Darah..

Setelah sekian lama ingin donor darah.. akhirnya baru hari ini bisa mendonorkan darah.. Ada sih rasa takut..tapi akhirnya bisa juga.. Tempatnya juga di kantor, jadi sedikit mudah..


Untuk mendonorkan darah, ada beberapa langkah yang harus di lakukan:
1. Mendaftarkan diri di tempat pendaftaran, mengisi formulir yang disediakan..
2. Formulir  yang ada lalu diproses dan dicatat di dalam komputer..
3. Team PMI mengambil contoh sample darah kita untuk di cari tahu apa golongan darahnya dan kadar HB nya..
4. Tes tekanan darah, apakah memungkinkan atau tidak..
5. Pengambilan darah..
6. Lalu pengambilan hidangan ringan dan diberikan kartu donor yang telah dituliskan tanggal pendonoran..

Mudah sepertinya.. tetapi ada beberapa teman saya yang gagal mendonorkan darahnya, ternyata oh ternyata, ada beberapa persyaratan umum yang menggagalkan mereka:
1. Khusus wanita, tidak sedang menstruasi, kalau sudah menstruasi pun, harus setelah 5 hari selesai menstruasi.
2.Tidak sedang hamil
3. Tidak sedang mengkonsumsi antibiotik.
4. Tekanan darah tidak tinggi.
5. Harus cukup tidur, tidak bergadang.
6. Tidak masuk rumah sakit (DB, Typus, dsb) dalam kurun waktu 6 bulan terakhir

Tapi saya agak sedikit bingung.. di awal saat mendaftar, di tuliskan bahwa pendonor tidak boleh memiliki 4 penyakit menular berbahaya yaitu syphilis, hepatitis B & C dan HIV/AIDS.Tapi saat mendonor kok saya tidak ada pemeriksaan terhadap hal tersebut, saya sebagai kaum AWAM sedikit bingung, dan tanya punya tanya dengan mas" yang mengambil darah saya.. ternyata ada beberapa cc  yang dy taruh di tabung kecil seusai botol tabung penuh.. darah yang di tabung kecil itulah yang nanti nya akan di periksakan di lab, untuk mengidentifikasi apakah darah saya sehat atau tidak..

Saya juga sempat menanyakan berapa harga satu botol darah.. menurut beliau, darah tersebut diberi harga berbeda per rumah sakit..
Untuk rumah sakit negeri di jual seharga kurang lebih 130 ribu. Sedangkan untuk rumah sakit swasta di jual seharga kurang lebih 250 ribu..

Semoga saja dengan ada nya donor darah ini, setidaknya dapat membantu manusia lain yang memang membutuhkan darah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar