Selasa, 14 Februari 2012

Trend Media Sosial 2012 di Indonesia


 Di jaman sekarang, Media Sosial memang sangat "booming".. Tidak terbatas oleh usia, dari orang dewasa sampai anak SD, semua pasti mengenal Media Sosial. Mungkin penggunaan kata Media Sosial masih belum terlalu familiar, tapi secara tidak langsung saat meng-upload foto di Facebook, meng-twit  di Twitter, atau melihat video di Youtube, mereka sudah menggunakan Media Sosial tersebut.

Media komunikasi sangat berkembang.. Hal itu dapat dilihat dari gambar berikut (Source: pleaseenjoy.com)

Dari Gambar tersebut, dapat kita lihat, bahwa informasi yang disebarkan di Media Sosial dapat lebih cepat tersebar, daripada menggunakan media komunikasi pada jaman dahulu.. Satu orang yang meng-upload atau satu orang yg meng-twit dapat dilihat dan mendapat umpan balik dari banyak orang.

Media Sosial juga membantu penyebaran informasi untuk kebutuhan sosial.. Seperti yang banyak terjadi, ketika ada bencana, dengan cepat informasi menyebar di media sosial, dengan ada media sosial pun, bantuan pun dapat dengan cepat tersebar

Ohiya, tidak ketinggalan pula, Media Sosial ini pun sangat berguna, karena dengan adanya Media Sosial maka timbul lowongan pekerjaan baru lho, yakni Social Media Worker, atau sering disebut Buzzer. Buzzer dibayar untuk memposting tweet berbayar..Pekerjaan mereka sekilas tampak ringan, tapi mereka harus mem-maintain tugas-tugas mereka tersebut secara berkala.. :) 

Perusahaan dan Brand-brand sekarang mulai beralih ke media sosial dalam mempromosikan produknya.. Jika dahulu kala iklan cetak dan elektronik merupakan media periklanan yang paling banyak digunakan, tapi seiring dengan mahalnya biaya operasional, maka promosi media online pun menjadi pilihan alternatif. Menariknya Media Sosial ini, bahkan membuat saya menarik tema mengenai Media Sosial untuk Skripsi saya (*curhat colongan)


Banyak nya manfaat dari Media Sosial, belum tentu bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh perusahaan atau brand-brand.. Karena untuk bisa memberikan informasi sampai tepat waktu dan tepat sasaran dibutuhkan perencanaan yang matang dan terperinci. Jika sudah aktif di Media Sosial, perlu dilaksanakan dan terus dipantau dengan baik dan konsisten. Dibutuhkan pula pemantauan di Media Sosial ini agar ada feed back  dari hasil tujuan awal.


Arwuda Indonesia (Social Media Agency) salah satu perusahaan yang fokus bergerak di bidang media sosia. Arwuda Indonesia adalah perusahaan yang menjadi bagian dari kelompok usaha CDAGroup, yang telah berdiri sendiri dan fokus bergerak dibidang media sosial seperti, Facebook, Twitter, YouTube dan Blog. (Source: http://www.arwuda.com) Arwuda Indonesia memiliki layanan banyak yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan brand yang ingin memulai Media Sosial sebagai media promosi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar